Bertepatan Hari Lahir Sang Penemu Piano, Bartolomeo Cristofori ! Google Doodle Rayakan Hari Ini


Bertepatan dengan kelahiran sang penemu Piano, Bartolomeo Cristofori yang lahir pada 4 Mei 1655, Google Doodle pun turut ikut merayakan hari ulang tahun ke-360 tahun sanga penemu piano tersebut. Bartolomeo Cristofori merupakan seorang penemu sebuah alat musik yang kini banyak diminati oleh masayarakat d seluruh dunia.

Bartolomeo Cristofori sendiri juga pernah belajar dengan seorang pembuat Biola ternama saat itu, Nocolo Amati. Sebuah alat musik penemuan Cristofori pun kini sangat di gemari oleh masyarakat dan ini dapat menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Cristofori. Karena sebuah alat musik, piano yang merupakan penemuannya tersebut saat ini banyak para pianis hebat dan handal bermunculan dengan kepiawaiannya dalam memainkan tuts dengan jarinya.


Pada tahun 1700 Bartolomeo Cristofori mulai membuat Piano, sebelumnya penemuan Cristofori yang memiliki suara empat oktaf tersebut terkanal dengan nama pianoforte namun lama kelamaan nama tersebut berganti dengan sebutan piano. Menurut, Scipione Maffei yang merupakan seorang jurnalis mengungkapkan jika penemuan Cristofori tersebt merupakan gravecemabalo col piano e forteyang artinye harpsichord dengan tuts lembut namun memiliki suara yang cukup keras.
Hingga saat ini kabarnya ada tiga piano asli hasil karya masih tersimpan yakni di Metropolitan Museum of Art di Amerika Serikat, Museo Strumenti Musicali Roma di Italia dan Musikinstrumen-Museum of Leipzig University di Jerman.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment