Google Doodle



Pada tahun 1880, Pittsburgh Dispatchpublished sebuah artikel berjudul "Apa Gadis Apakah Bagus Untuk." Dalam hal meremehkan, penulis kolom menulis bahwa wanita seharusnya tidak diperbolehkan untuk bekerja karena tempat mereka di rumah.

Beberapa hari kemudian, bantahan pseudonim muncul di koran. Tanggapan, oleh seorang gadis 16 tahun yang nama aslinya adalah Elizabeth Jane Cochran, berpendapat betapa pentingnya bagi wanita untuk menjadi mandiri dan mandiri. Dalam satu dekade, penulis respon yang akan menjadi dikenal di seluruh dunia sebagai Nellie Bly: seorang wartawan muda memukul keras yang pergi menyamar di rumah sakit jiwa dan bepergian di seluruh dunia dalam 72 hari memecahkan rekor.

Sepanjang hidupnya dan karir, Nellie Bly berbicara untuk yang kurang mampu, tak berdaya dan minoritas, dan menantang harapan masyarakat untuk perempuan. Kami mencintai jiwa petualang, dan kami berbagi keyakinannya bahwa perempuan dapat melakukan apa-apa dan menjadi apa pun yang mereka inginkan (kita suka berpikir jika dia berada di sekitar hari ini ia akan menjadi penggemar sesama trailblazing wanita seperti Ada, Anitaand Ann). Jadi, ketika tiba saatnya untuk menghormati Nellie dengan Doodle, kami ingin membuatnya istimewa. Karen Oof Yeah Yeah Yeahs menulis, menulis dan merekam sebuah lagu asli tentang Nellie, dan Katy Wu, seniman yang menciptakan doodle ini, menciptakan sebuah animasi mengatur musik Karen O merayakan wartawan investigasi pemberani ini.
Nellie lahir pada 5 Mei 1864 di pinggiran kota Pittsburgh, Pa. Setelah tanggapannya diterbitkan di theDispatch pada tahun 1880, editor, George Madden, melacak dan mempekerjakannya sebagai reporter. Pada saat itu, wartawan perempuan yang biasa digunakan nama pena; miliknya berasal dari sebuah lagu oleh sesama Pittsburgher Stephen Foster. Dia menghabiskan beberapa tahun di kertas sebelum pindah ke New York untuk pekerjaan di New York World, yang dimiliki oleh Joseph Pulitzer. Pada tahun 1887, dia pergi menyamar di Perempuan Lunatic Asylum di Pulau Blackwell untuk menulis sebuah uraian tentang kondisi di sana. Bukunya yang dihasilkan, "Sepuluh Hari di Mad-House," membuatnya terkenal.
Tapi Nellie terkenal karena perjalanannya di seluruh dunia. Terinspirasi oleh Phileas Fogg, pahlawan novel Jules Verne, "Seluruh Dunia dalam 80 Hari," Nellie berlayar dari New York di November 1889 bertekad untuk mengalahkan waktu Fogg ini. Bepergian dengan kapal uap dan perahu layar, dia mengirimkan kiriman kembali ke surat kabar saat ia mengitari dunia. Alih-alih duduk diam dan hanya mengamati, dia selalu menjadi bagian dari aksi dan percakapan, meskipun fakta bahwa ruang publik yang biasanya disediakan untuk orang-orang pada saat itu.
Ketika membuat Doodle, diambil dari inspirasi dari Karen O lirik dan perjalanan Nellie di seluruh dunia. Sepanjang video, Katy digunakan koran sebagai tema-dengan kertas robek pemersatu, lipat dan meremas sebagai ceritanya bersama. Dan meskipun video ini kebanyakan hitam dan putih, ia menambahkan beberapa warna untuk mewakili energi dan semangat Nellie.
Kembali pada abad ke-19, Nellie tanpa rasa takut menunjukkan generasi orang "apa gadis yang baik untuk." Kami sangat gembira untuk menceritakan kisahnya di hari ini Doodle-dan berharap Nellie menginspirasi perempuan dan anak perempuan di mana-mana untuk mengikuti jejaknya dan menunjukkan dunia apa yang bisa mereka lakukan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment