Asal Buah Matoa

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm.Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl.Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal.Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun).Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea. Buah matoa memiliki rasa yang manis.
Di Papua dikenal 2 jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan oleh daging buah yang kenyal seperti rambutan aceh, diameter buah 2,2-2,9 cm dan diameter biji 1,25-1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh daging buahnya yang agak lembek dan lengket dengan diamater buah 1,4-2,0 cm.Tanaman ini mudah beraptasi dengan kondisi panas maupun dingin.Pohon ini juga tahan terhadap serangga, yang pada umumnya merusak buah.
Kali ini saya ceritakan sedikit proses pemetikan buah Matoa diwilayah Kalimantan meskipun tanaman dari papua namun di kalimantan tanaman tersebut ada dan subur.
Tampak pohon tadi disaat proses pemetikan.











Tingginya 18 meteran, proses pemetikannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Matoa yang mentah akan berwarna hijau dan rasanya pahit, dan jika sudah matang akan berubah warna menjadi coklat seperti buah manggis dan rasanya manis. Buah Matoa dilindungi cangkang yang keras sehingga tahan dari serangga yang berusaha untuk memakannya. Buah Matoa berbentuk oval kecil seperti isi buah nangka(beton). Dari pada penasaran ini penampakan buah Matoa.










Untuk kandungan gizi yang terkandung didalamnya nanti akan saya share dilain waktu. Yang pasti karena sudah banyak selanjutnya proses pemetikan Buah Matoa diakhiri dulu.







Itu gan penampakan setelah dikantong plastik, untuk selanjutnya langsung diamankan dan dibawa pulang...
Jika ada yang kepingin langsung saja koment dibawah mumpung belum habis..
soalnya Buah Langka gan...
Terimakasih.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
24 September 2016 at 10:15 ×

bisa beli buah matoa nya? ada contact person?

Selamat Adhyt blanK dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment